cover
Contact Name
Lina Rifda Naufalin
Contact Email
linarifda@gmail.com
Phone
+6285640368795
Journal Mail Official
soedirmaneconomicseducation@gmail.com
Editorial Address
Laboratorium Terpadu Lantai 4 (Laboratorium Manajemen Data) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus UNSOED, Grendeng Purwokerto 53122
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Soedirman Economics Education Journal
ISSN : 26862409     EISSN : 26866277     DOI : https://doi.org/10.32424/seej.v3i1
Core Subject : Education,
Soedirman Economics Education Journal offers publication articles about learning methods, education technology, learning evaluation, learning design, innovation in learning, and learning media emphasizing local wisdom. Submitted articles can be in the form of research results or literature studies. We invite articles in all functional area of economic education, which mainly about (but not exclusive to) : economic education accounting education educational administration offices cooperative education
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020)" : 12 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PENGANGGARAN DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN SEKOLAH SLAMET FAUZAN
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3100

Abstract

This research was conducted to identity the influence of budget quality and financial human resources competence on the school financial performance.. This research is population research. The number of population in this research is among all the vocational haigh school in Pemalang Regency with totaling 42 schools. Of the 42 schools, only 37 schools who returned the questioners. This research used quantitative approach using hypothesis testing study design. To test hypothesis using multiple linier regression analysis with the absolute different with application program SPSS. The result of analysis shows that quality of budgeting and financial human resources competence on the school have a positive significant effect on the school financial performance with simultanely or partially.
HARMONISASI PROSES PEMBELAJARAN MELALUI TEORI KEPEMIMPINAN BERBASIS ASAH ASIH ASUH Aulia Lailatul Rachmawati; Shinta Ratnawati
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3145

Abstract

Tingkat kualitas diri mahasiswa pada pembelajaran tidak terlepas dari pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Sistem pembelajaran Student Center Learning merupakan sistem pembelajaran yang memusatkan pembelajaran pada mahasiswa. Metode window shopping ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang masuk dalam pembelajaran Student Center Learning. Proses dimana dosen dan mahasiswa belajar bersama dalam mengoptimalkan pengetahuan yang ter up-date. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan metode pembelajaran baru terhadap keberhasilan hasil belajar dan tingkat hubungan dosen dengan mahasiswa dengan memasukan proses pengimplementasian metode pembelajaran window shopping teori kepemimpinan berbasis asah, asih, dan asuh. Metode penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui (1) indepth interview (2) observasi. Analisis data menggunakan teori pembelajaran konstruksivisme. Pemilihan teori ini didasarkan atas obyek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Manajemen pada kelas Kewirausahaan 1 dan 2. Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui sinkronisasi antara metode, pembelajaran, dan harmonisasi menunjukkan hasil (1) pembelajaran berpusat pada mahasiswa mengoptimalkan pencapaian CPL; (2) Tercapainya harmonisasi antara dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran.
PENGARUH POTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI MAN 1 BANYUMAS Soli Solihat; Titi Nurfitri; Alisa Tri Nawarini
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3001

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh potensi diri, lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Banyumas. Untuk menganalisis hipotesis menggunakanan anlisis regresi linier berganda. Kesimpulannya yaitu : 1. terdapat pengaruh positif potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi; 2. terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi ; 3. tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kata Kunci : Potensi diri, Lingkungan sekolah, Tingkat pendidikan orang tua, Minat, Perguruan Tinggi.
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS Agin Norma Triasih; Jaryono Jaryono; Suci Indriati
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3037

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 2 Banyumas belum optimal dikarenakan proses pembelajaran masih konvensional yang menyebabkan pembelajaran monoton tanpa melibatkan partisipasi siswa secara optimal saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan soal pre test dan post test. Uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t independent sample test. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperokeh hasil thitung > ttabel sehingga kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI Ellaa Restiyana Putri; Supri Wahyudi Utomo; Liana Vivin Wihartanti
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3295

Abstract

Pada dunia pendidikan saat ini pendidikan karakter dan motivasi belajar merupakan hal penting dalam pembelajaran. Pendidikan karakter bertujuan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan kemerosotan akhlaq peserta didik. Pengoptimalan pendidikan karakter perlu ada dilingkungan sekolah untuk menumbuhkan motivasi serta kebiasaan sikap dan perilaku yang baik berakhlak mulia dalam diri peserta didik. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MAN 1 Kabupaten Madiun baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif Penelitian ini Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MAN 1 Madiun yaitu dari 2 kelas dengan jumlah 52 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel kelas XII IIS atau IPS 1 sebanyak 27 siswa dan kelas XII IIS atau IPS 2 sebanyak 25. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif pendidikan karakter terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di MAN 1 Kabupaten Madiun. 2) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MAN 1 Kabupaten Madiun. 3) Terdapat pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar simultan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MAN 1 Kabupaten Madiun.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN II MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW Ramita Kholifaturrohmah; Cut Misni Mulasiwi
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3204

Abstract

Salah satu keberhasilan proses belajar dapat dilihat melalui hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata kuliah Akuntansi Keuangan II. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian adalah peserta didik Mata Kuliah Akuntansi Keuangan II Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman yang berjumlah 49 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Akuntansi Keuangan II melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw. Hal ini terlihat dari peningkatan: (1) rata-rata kelas dari awal pra siklus (68,05), siklus I (75,16) dan siklus II (88,43), serta (2) ketuntasan belajar mahasiswa dari awal pra siklus (73,47% atau 36 orang), siklus I (81,63% atau 40 orang) dan siklus II (93,88% atau 46 orang).
PENGARUH POTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI MAN 1 BANYUMAS Soli Solihat; Titi Nurfitri; Alisa Tri Nawarini
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3001

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh potensi diri, lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Banyumas. Untuk menganalisis hipotesis menggunakanan anlisis regresi linier berganda. Kesimpulannya yaitu : 1. terdapat pengaruh positif potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi; 2. terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi ; 3. tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kata Kunci : Potensi diri, Lingkungan sekolah, Tingkat pendidikan orang tua, Minat, Perguruan Tinggi.
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS Agin Norma Triasih; Jaryono Jaryono; Suci Indriati
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3037

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 2 Banyumas belum optimal dikarenakan proses pembelajaran masih konvensional yang menyebabkan pembelajaran monoton tanpa melibatkan partisipasi siswa secara optimal saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan soal pre test dan post test. Uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t independent sample test. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperokeh hasil thitung > ttabel sehingga kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
PENGARUH KUALITAS PENGANGGARAN DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN SEKOLAH SLAMET FAUZAN
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3100

Abstract

This research was conducted to identity the influence of budget quality and financial human resources competence on the school financial performance.. This research is population research. The number of population in this research is among all the vocational haigh school in Pemalang Regency with totaling 42 schools. Of the 42 schools, only 37 schools who returned the questioners. This research used quantitative approach using hypothesis testing study design. To test hypothesis using multiple linier regression analysis with the absolute different with application program SPSS. The result of analysis shows that quality of budgeting and financial human resources competence on the school have a positive significant effect on the school financial performance with simultanely or partially.
HARMONISASI PROSES PEMBELAJARAN MELALUI TEORI KEPEMIMPINAN BERBASIS ASAH ASIH ASUH Aulia Lailatul Rachmawati; Shinta Ratnawati
Soedirman Economics Education Journal Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v2i2.3145

Abstract

Tingkat kualitas diri mahasiswa pada pembelajaran tidak terlepas dari pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Sistem pembelajaran Student Center Learning merupakan sistem pembelajaran yang memusatkan pembelajaran pada mahasiswa. Metode window shopping ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang masuk dalam pembelajaran Student Center Learning. Proses dimana dosen dan mahasiswa belajar bersama dalam mengoptimalkan pengetahuan yang ter up-date. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan metode pembelajaran baru terhadap keberhasilan hasil belajar dan tingkat hubungan dosen dengan mahasiswa dengan memasukan proses pengimplementasian metode pembelajaran window shopping teori kepemimpinan berbasis asah, asih, dan asuh. Metode penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui (1) indepth interview (2) observasi. Analisis data menggunakan teori pembelajaran konstruksivisme. Pemilihan teori ini didasarkan atas obyek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Manajemen pada kelas Kewirausahaan 1 dan 2. Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui sinkronisasi antara metode, pembelajaran, dan harmonisasi menunjukkan hasil (1) pembelajaran berpusat pada mahasiswa mengoptimalkan pencapaian CPL; (2) Tercapainya harmonisasi antara dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 12